Rabu, 01 Januari 2014

Komunikasi ala Rasul

Assalamu'alaikum... Allo!!!
Bicara...?berantem...?ngomong sana-sini.??nggombal..??ngerumpi...?CP..CP...??atau bahkan mau nembak *hmm <33 ..??? itu keseharian kita, akui aja, gak usah cari alibi. Diakui atau tidak, setuju ato nggak, believe it or not, deal or nodeal (?) kemampuan komunikasi perannya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kadang kita pun masih sering ngalamin misunderstanding. Salah pilih pola komunikasi bisa berakibat tidak tersampikannya kebaikan atau maksud yang akan kita sampaikan.
---sekali lagi----
Komunikasi adalah suatu hal yang penting dalam hubungan antar manusia. Misalnya bapak dan ibu, orang tua dan anak, kakak dan adik, teman dan teman yang lain bahkan 2 orang yang sedang pdkt #ehh jelas komunikasi sangat penting. Komunikasi menentukan sukses tidaknya seorang guru mengajar dikelas, di hargai atau tidak seorang kakak oleh adiknya, dan juga diterima atau tidaknya seseorang yang lagi nembak *jangankatakanphp* :D . Rasulullah SAW adalah seorang komunikator handal, suri tauladan terbaik yang patut menjadi panutan.


Berikut ini hal-hal yang biasa dilakukan Rasulullah dalam berkomunikasi yang dapat kita tiru, yakni:

  1.     .  Rasulullah SAW itu pembicara handal. Sedikit bicara namun penuh makna *bukan banyak makna, ntar jatohnya malah ambigu –“* , mudah dimengerti *jadi kalo ngomong gak usah sok intlek* , dan tidak menyinggug lawan bicara.
  2.        Ketika ada salah dan harus dihukum, maka hukumlah dia TANPA menghinakannya. Mungkin seseorang bisa bersikap wajar terhadap hukuman yang didapat karena perbuatannya, namun kebanyakan gak ada yang bersikap wajar saat mereka dihina.
  3.        Berikan motivasi dan semangat kepada orang yang dihukum dan sudah menyesali perbuatannya, jangan malah tambah dihina atau dicemooh. JANGAN!!!
  4.        Berkatalah yang baik ketika mendapat musibah. Gak usah tuh pakek nyebut kata-kata kias, masih gak ngerti…?? Maksud ku itu menghujat atau bahasa trendnya(?) meso. Intropeksi diri, tidak menyalahkan siapapun , apalagi menghujat Allah.
  5.       Berkatalah yang baik atas orang yang sudah meninggal, kecuali untuk penulisan sejarah, tulis sewajarnya berdasarkan fakta yang ada. Gak usah deh sok infotainment pake caricari masalah orang.
  6.        Berbicara yang baik kepada yang bukan ahli waris atau yang tidak mendapat waris.
  7.     .  Rasulullah berpesan kepada perempuan untuk berbicara dengan cara yang baik dengan tidak mempermainkan suaranya.
  8.   .    Ketika ditanya, “Siapa Anda?”, maka sebutkan nama kita, jangan hanya “Aku!” atau “Saya!”. apalagi pakek acara ngomel sendiri “kok SKSD see, huh -,-“. JANGAN!!!
  9.        Berdakwah dengan cara yang terbaik yaitu dengan lemah lembut. Kalaupun harus berdebat lakukan dengan cara yang paling baik. Gak usah deh pakek acara gebrak-gebrak meja sambil bilang…. “DEMIIII……..kian dan terimakasih” xDD
  10.  .    Berkata yang baik saat khitbah (meminang) seorang wanita. *aku ingin…mempersuntingmuuu~~ , ehhh…ma’af gak fokus xDD*
  11.    .   Berkata yang baik saat memegang amanah, misalnya ketika dipilih jadi pemimpin atau ketika mendapat amanat.
  12. .     Sabar dan tiada batasan untuk sabar. Sabar tidak terbatas, kita sendirilah yang membatasinya.
  13. .      Ketika di fitnah dan diklarifikasi, lakukan dengan sabarwalaupun kau yakin 100% ampuh kau tidak bersalah. Jika memungkinkan, nasehatkan kebenaran kepada orang yang menyebar fitnah itu tadi agar tersadar dari kesalahannya. Bagaimanapun, jika kebaikan kita dibalas dengan keburukan lalu kita seolah tidak peduli, maka ibaratnya kita sedang memberikan bara api kepada orang tersebut.merupakan kewajiban kita untuk menasihatinya, namun jika tidak bisa minimal kita berdo’a kepada Allah supay dia mendapat hidayah-Nya.

Segala perbuatan yang mencerminkan akhlak mulia memberikan efek yang jauh lebih dahsyat inbox,ovj daripada sekedar lisan biasa. Kita sudah mendapat contoh yang baik, siapkah kita melakukan dan mengamalkannya dalam keseharian kita?? Insya Allah. Allahuma amiin.

Terimakasih …semoga bermanfaat… amalkanlah walau satu ayat :))


Title: Komunikasi ala Rasul; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

2 komentar: